Skip to main content

Posts

Showing posts from May, 2014

Jejak Petualang Wild Fishing: Mencoba Menyatukan Kearifan Lokal Perairan Tawar, Wild/Extreme Fishing, dan Kuliner Tradisional Masyarakat (Bagian 2)

To  understand the program please watch DI ANTARA KABUT SUNGAI ROKAN. Thank you.

Dunia sportfishing di Indonesia saat ini terasa sangat meriah. Komunitas pehobi mancing (baca: klub) tumbuh di berbagai penjuru negeri dalam jumlah yang masif. Anggota komunitas pehobi mancing ini dari hari ke hari juga terus bertambah. Uniknya mancing dapat menyatukan beragam orang dari berbagai strata, profesi, gender dan latar belakang lain yang berbeda. Semua dilebur hilang menjadi satu ‘nafas’ baru yakni mancing. Jadi tak heran jika ada yang menyebut mancing adalah hobi paling egaliter. Mau Anda pengusaha dengan perusahaan mulinasional selusin, pekerja kantoran biasa, pedagang di pasar, kuli bangunan, jika sudah bertemu di komunitas dan ataupun tempat mancing yang dibicarakan hanya dua, mancing dan mancing. Pembicaraan lain yang berkaitan dengan sesuatu yang bukan tentang mancing biasanya akan sengaja ditinggalkan dengan sadar. Praktis suasana komunitas mancing, trip mancing, kumpul-kumpul pemancing…

Jejak Petualang Wild Fishing: Mencoba Menyatukan Kearifan Lokal Perairan Tawar, Wild/Extreme Fishing, dan Kuliner Tradisional Masyarakat (Bagian 1)

To understand the program please watch DI ANTARA KABUT SUNGAI ROKAN. Thank you.





JEJAK PETUALANG WILD FISHING adalah sebuah upaya awal untuk menyatukan masyarakat, wild fishing, dan kuliner tradisional dalam sebuah tayangan tentang potensi perairan tawar di Indonesia. Thanks God akhirnya akan ditayangkan esok di Trans|7 hari Rabu tgl 7 Mei 2014 pkl 15.15 wib. Featuring Bang Joe Michael, salah satu pemancing kondang di Indonesia yang begitu giat berpetualang dan menjalin silaturahmi dengan masyarakat dan pemancing di seluruh penjuru negeri.

Awalnya adalah sebuah obrolan sore hari di salah satu perbukitan di daerah Pacitan di akhir tahun 2012. Saat itu saya bertemu dengan produser Jejak Petualang, Kang Budhi Kurniawan. Saya sendiri waktu itu sedang liputan untuk program Jejak Si Gundul, salah satu program petualangan di Trans|7 juga. Kami sepakat sore itu, bahwa masih ada 'lahan' kosong yang belum digarap secara maksimal di televisi, berkaitan dengan perairan tawar di Indonesi…