Thursday, 12 June 2008











Sebelah kanan adalah Candra Sonjaya, seorang pemancing (dan sahabat saya) dari Bandung. Di sebelah kirinya adalah Kus, seorang kapten kapal (lebih tepatnya pemilik kapal perahu kecil) terhandal di Majingklak. Foto ini diambil tanggal 8 Juni 2008 saat kami beristirahat siang di spot yang disebut Bantar Panjang, Pulau Nusa Kambangan, Jawa Tengah. Bantar Panjang adalah areal berpasir di Pulau Nusa Kambangan yang bisa didarati perahu dimana para pemancing atau nelayan sering melewatkan waktu istirahat siangnya di sini untuk kemudian berangkat melaut (atau memancing) lagi pada sore harinya.

Kus menurut saya adalah tipe pemilik perahu, yang meski perahunya sangat kecil, memegang moto bahwa semua penyewa perahunya harus dia servis habis-habisan. Tentunya dengan perhitungan yang win win solution. Dan saya sangat gembira melihat seorang warga lokal yang sangat giat bekerja dan juga rajin belajar dari masukan-masukan kliennya seperti dia ini. Menurut saya Kus sangat memahami dengan jernih efek jangka panjang jika dia melayani tamu-tamu mancingnya dengan baik, jujur dan juga hangat.

Seperti yang saya alami pada trip waktu itu. Intinya dia mampu menggembirakan hati para tamunya tidak dengan menuruti semua keinginan "kota" yang biasanya menjadi arogan ketika berada di kampung, melainkan memberi tawaran baru dengan keramahan, kejujuran, ketulusan dan keterbukaan kampung yang selalu terasa luar biasa dan memorable. Terlalu panjang jika saya tuliskan semuanya. Silahkan datang sendiri ke Majingklak dan carilah kapten kapal terhandal di sana bernama Kus. Dijamin makan lezat, istirahat cukup dan pastinya strike!

* Photo by Me

1 comments:

Iwan Tahir said...

Ada Nomor hapenya Gan ???

Popular Posts

Google+ Followers