Friday, 30 January 2009


Suatu pagi di Ujung Kulon, Banten. Sinar mentari sedang berusaha lebih keras keluar dari halangan awan dan semenanjung Pulau Peucang. Angin dari barat daya mengusap pelan seluruh perairan. Kapten mulai memposisikan kapal di Karang Copong agar pemancing mudah melemparkan umpan ke titik-titik tujuan. Personel MK Fishing Tour bersiap di sekitar pemancing, beberapa di antaranya membantu kapten mengamati sekeliling agar kapal selalu aman dari ombak besar dan terhindar dari batu-batu karang. Umpan mulai berdesingan di udara layaknya peluru Sekutu di Normandia.

Dan… BAMMMM!!! Sebuah umpan milik pemancing dihantam oleh predator penghuni Karang Copong. Reel menjerit laksana elang memekik di udara dan kegaduhan menyelimuti kapal yang terus bergoyang karena hantaman ombak. Personel MK Fishing Tour menjadi semakin sibuk. Membantu angler dan juga membantu kapten agar sang ikan dapat naik ke kapal dengan selamat. Tidak mudah di situasi seperti itu karena predator Ujung Kulon tidak mudah ditaklukkan. Mereka adalah penguasa wilayah ini. Dengan segenap tenaga ikan akan berlari dan melawan. Pemancing terkadang menjadi gentar dan atau kehabisan tenaga. Tetapi personel MK Fishing Tour selalu siap untuk membangkitkan kembali ‘api’ yang mulai padam. Pertarungan kembali dimulai dan akhirnya sang predator menyerah. Selesai? Belum. Karena segala proses melepas treble hook, pemotretan serta mempertahankan nyawa ikan harus berlangsung dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Kemudian ikan dilepaskan kembali ke lautan bebas agar kembali menikmati kehidupannya.

Aku ikut tersenyum bahagia menjadi bagian momen ini karena kemenangan menaklukkan ikan predator pagi itu begitu harum laksana harum embun yang menempel di ilalang pegunungan di pagi hari. Meski setelah momen itu kedua tanganku menjadi sangat pegal karena tangan kanan harus memegang video dan tangan kiri memegang kamera foto. Tetapi bagiku, tidak ada momen paling membahagiakan selain membawa pulang gambar-gambar bermakna. Bermakna bagiku bukan melulu tentang ikan besar saja tetapi juga tentang bagaimana menghargai alam dengan lebih bijaksana. Dan aku melihat personel MK Fishing Tour melakukannya dengan menakjubkan…

Halah... Aku sok sastrawan banget ya nulis tentang strike GT aja. Hahahahahah! Yang pasti salut untuk MK Fishing Tour!

1 comments:

Baka Kelana said...

Asyik banget...Trip yang sangat menantang

Popular Posts

Google+ Followers