Wednesday, 27 May 2009

Ini adalah kover Majalah Mancing paling berkesan bagi saya. Saat itu pertarungan 2.5 jam menaklukkan black marlin 150 kg di perairan Aceh baru saja usai. Ikan anggun nan perkasa ini terpaksa mati karena telah kehabisan tenaga. Sebelum dipaksa naik ke permukaan ikan marlin ini kondisinya sudah mendem terus di dalam air, kehabisan tenaga karena tidak mampu melakukan gerakan sama sekali.

Seharusnya, jika mengacu pada etika sportfishing, ikan ini harus dilepaskan kembali ke lautan bebas. Memang ada beberapa pengecualian misalnya jika ini adalah ikan pertama bagi pemancing bersangkutan dan atau ini adalah ikan yang berpotensi memecahkan rekor. Dan 'untungnya' ikan ini bagi si pemancing, sahabat saya Bayu Noer Rachman yang merupakan host Mancing Mania Trans 7, ini adalah ikan marlin pertamanya dan untuk perairan Indonesia ikan ini memang berpotensi memecahkan rekor. Jadi matinya ikan ini memang memiliki alasan yang kuat.

Sudah begitu ikan ini dipancing dengan piranti jigging pula (tali PE4 sepanjang 300 meter dan joran jigging merk HOTS FakeLez). Saya terpikir saat itu bahwa ini adalah momen langka, seekor black marlin menyambar metal jig (saat itu kami memang sedang memburu dogtooth tuna). Ini pasti bisa menjadi foto untuk kover, pikir saya. Maka saya suruh si Bayu menggigit jorannya dan snap..snap..snap!

Dan inilah dia, 3 bulan kemudian foto itu pun menjadi kover. Telah beberapa kali potensi mancing di perairan Aceh ditampilkan di Majalah Mancing (semuanya dari hasil liputan saya bulan Desember 2008 dan Februari 2009) namun jujur saja menurut saya tidak ada yang mengalahkan liputan menaklukkan black marlin 150 kg ini. Namun jujur saja bukan dikarenakan ikannya yang besar. Liputan ini sangat berkesan bagi saya karena disinilah saya mengalami dengan sangat mengesankan untuk kali pertama kerjasama sebuah tim mancing yang super solid seperti pernah dikatakan oleh tetua mancing di Jakarta. Memang benar kata tetua itu, bahwa menaklukkan ikan marlin, apalagi yang besar, memerlukan kerjasama solid seluruh tim baik itu abk, pemancing, maupun kapten kapal.

So, sebelum Anda semua kehabisan edisi spesial ini baiknya segera ‘menyerbu’ toko pancing terdekat dan atau berlangganan (silahkan kunjungi MancingOnline.Com untuk detailnya). Ciao!

1 comments:

erik zanos said...

mas, saya orang binuangeun. rumah saya dekat berkah resort. seandainya butuh info binuangeun boleh hubungi saya.

Popular Posts

Google+ Followers