Saturday, 18 July 2009

Bikin bete banget deh pokoknya. Ceritanya begini. Saat saya dan kawan-kawan MANCING MANIA TRANS 7 jalan-jalan ke Waduk Cirata, Jawa Barat, ternyata malam sebelumnya Facebook mendelete group MANCING MANIA TRANS 7 dengan alasan ADA YANG REPORT bahwa grup ini "include drug use, nudity, or other graphic or sexually suggestive content are not allowed, nor are groups that depict violence or that attack an individual or group of people". Alasan penghapusan ini tidak serta merta kami ketahui. Alasan itu kami ketahui setelah Denis (admin dan creator) grup getol bertanya ke Facebook mengenai dihapusnya grup yang telah memiliki member sebanyak 12 ribu orang ini. Sialnya, account para admin grup ini (ada 4 admin) otomatis dihapus oleh FB! Gila!

Pertanyaan pertama setelah kami mengetahui alasan penghapusan tersebut adalah. Berapa banyak sih yang report bahwa grup mancing ini "include drug use, nudity, or other graphic or sexually suggestive content are not allowed, nor are groups that depict violence or that attack an individual or group of people". Dan okelah misalnya memang benar-benar ada yang report, apakah FB tidak memeriksa dengan seksama apa isi grup ini? Sangat mengecewakan ketika tiba-tiba FB menghapusnya tanpa memeriksanya lebih dahulu karena kalau mereka memeriksanya maka akan jelas sekali terlihat bahwa TIDAK ADA isi yang aneh-aneh di grup itu karena grup ini hanyalah GRUP MANCING! Gila! Bagaimana bisa tiba-tiba dihapus?

Ironisnya, ketika grup MANCING MANIA TRANS 7 yang dibuat oleh para personel MM TRANS 7 dihapus oleh FB gara-gara report segelintir orang yang ngaco (atau sirik???), grup yang mengaku-aku MM TRANS 7 (mereka memasang logo MM TRANS 7 segala) yang dibuat oleh entah siapa (bahkan ada yang mencantumkan alamat Gedung Trans 7 segala) tetap eksis di FB! Gilaaa! Lalu apa sih sebenarnya yang dikerjakan oleh FB?! Memang FB telah berbaik hati membuat jejaring sosial yang luar biasa ini, gratis, tetapi apakah bisa seenaknya berulah seperti ini?

Sempat terfikir untuk anti Facebook gara-gara kejadian ini. Tapi saya dan Denis berfikir jika saya kemudian menjadi anti Facebook, maka misi orang-orang yang sirik dengan kami berarti sukses besar, oleh karenanya meski kami sekarang lebih hati-hati dalam ‘memandang’ FB, kami akan tetap berada di jejaring sosial ini karena kami yakin jejaring sosial ini merupakan sarana yang efektif untuk berbagi informasi seputar mancing dan menjalin pertemanan. Ya Tuhan, hanya ingin menjalin pertemanan dan berbagi informasi seputar mancing saja tapi kog ada yang sirik ya? GILA!

Sampai hari ini grup MANCING MANIA TRANS 7, yang membernya telah 12 ribu orang itu, belum diaktifkan kembali (atau memang tidak akan pernah diaktifkan kembali oleh FB). Denis dan saya kemudian membuat kembali grup yang baru, MANCING MANIA TRANS 7 OFFICIAL, karena kami tidak mau para sahabat kami para pemancing terlalu lama tidak mendengar kabar mancing dari kami dan juga salah masuk grup yang berpura-pura sebagai MM TRANS 7 itu.

PLEASE JOIN US!

1 comments:

asep said...

Sabar mike...
Facebook kan cuma salah satu media, masih banyak media lain. Gw sarankan coba twitter.com. Itu lebih enak dan ringan ketimbang FB. Bisa sambil mancing kirim status dan lokasi sekaligus kalo pake blackberry dgn software UberTwitter.

Popular Posts

Google+ Followers