Thursday, 8 October 2009


Lagi, ini ada sedikit oleh-oleh dari Selat Malaka. Hehehehe. Ikan baronang atau populer disebut rabbitfish, biasa dipancing dengan cara negeg. Yakni dengan menggunakan joran tegeg (pole rod) sepanjang 4.5 hingga 5.4 meter khusus untuk ikan baronang dimana pancing yang dipakai adalah pancing model garong buatan sendiri (bentuknya seperti pancing tunggal yang digabung). Teknik ini populer dimana-mana sampai-sampai muncul anggapan bahwa kalau mancing baronang harus dengan cara negeg, pancingnya pancing garong dan umpan lumut hijau atau nasi kepal kecil-kecil. Ternyata saudara-saudara, tidak selalu begitu. Foto di atas membuktikan bahwa ikan baronang juga bisa dipancing dengan single hook (pancing tunggal), joran spinning, dan bahkan dengan umpan irisan daging cumi. Foto di atas memang hanya satu buah saja, tetapi sungguh, hari itu di depan Pulau Pandang, Sumatra Utara, saya dan kawan-kawan menaikkan ikan baronang hampir 200an ekor banyaknya dengan cara ini dalam waktu kurang dari dua jam saja! Ternyata masih ada cara baru untuk memancing ikan ini. Jadi bagi Anda yang tertarik memancing ikan baronang, namun kesulitan dengan teknik mancing negeg, baiknya mencoba cara ini.

Rangkaian pancing ini sebenarnya rangkaian pancing dasar dengan sedikit kombinasi. Kami menambahkan pancing garong di bawah single hook sebagai antisipasi jika single hook meleset dari badan ikan. Kemudian joran yang digunakan adalah joran dasaran namun yang agak stiff/kaku. Jangan yang terlalu lentur karena akan sering missed saat kita sentak. Reel spinning kelas 3000 lbs sudah cukup. Kelas tali secukupnya saja, kelas antara 12-16 pounds sudah cukup, dan bisa monofilamen ataupun multifilamen (PE atau tali braided). Selamat mencoba!

* Foto ikan baronang yang hooked up sempurna di pancing single saya. Foto diambil di Pulau Pandang, Sumatra Utara (27/09/2009).

1 comments:

Ichang said...

Mike....gilo leh, masa' negeg baronang di laut kedalaman lebih dari 20 mtr? Kekekek.....Ye nggak bisa duooonnggggg......
Paling pas emang kalo pake setting mancing dasaran, apelagi target ikannye baronang "restoran" kaya' gituh....ajiiiiiibbbb dah! Kekekek....

Popular Posts

Google+ Followers