Friday, 27 November 2009

Beberapa hari terakhir ini, para pemancing Indonesia di jejaring sosial Facebook sedang ramai membicarakan kemunculan sebuah nama (seseorang?) yang terjun ke dunia fishing apparel. Mereka atau dia menggunakan nama SINGIN’ DRAG. Saya jadi ingat sebuah video mancing Jepang jika mengingat nama ini, namun entah apakah mereka ada keterhubungan dengan hal itu atau tidak saya tidak tahu dengan pasti. Namun jika melihat namanya, mereka tampaknya juga bergelut dengan mancing dan tampak berjiwa muda. Jiwa muda ini menurut saya memang penting karena kalau ingin sukses menekuni hobby mancing, dan apalagi malah merambah bisnis dalam dunia mancing kita memang harus terus berjiwa muda. Mancing memang tidak cocok dengan mereka yang berjiwa tua (sekali lagi, berjiwa tua dan bukannya berumur tua) dan konservatif! Hahaha. Dengan kepercayaan diri tinggi mereka langsung menggebrak karena langsung merilis beberapa koleksi kaos-kaos mancing dengan desain yang eye catching. Langkah yang menurut saya sangat berani. Namun sekaligus sebuah langkah yang harus disyukuri karena selama ini dunia mancing Indonesia sepi dari pemain fishing apparel. Kaos-kaos mancing di Indonesia, selama ini selalu melulu kaos-kaos turnamen dan atau kaos-kaos klub mancing saja. Kehadiran SINGIN' DRAG menurut saya akan semakin menambah semarak dan membuat para pemancing tampak semakin keren! Hehehe!

Melihat deskripsi bahan-bahan kaos mereka, tampak sekali SINGIN’ DRAG (SD) bukan pemain sembarangan. Sangat terlihat mereka sangat mengerti bahan kaos seperti apa yang cocok untuk dipakai di alam bebas (baca: laut dan sungai). Jadi terus terang saya langsung terkesan dengan pemain baru yang jujur saja sangat ingin saya kenal ini. Tanpa pikir panjang saya sudah memesan beberapa buah kaos mancing dari mereka. Satu untuk saya pakai, beberapa untuk saya bagikan sebagai kenang-kenangan ke beberapa kawan yang baru mengenal mancing, ceritanya saya sedang meracuni mereka agar semakin ‘gila’ mancing. Ternyata saya tidak sendirian, melihat respon di wall mereka di Facebook, sekitar selusin pemancing lain di berbagai daerah juga melakukan hal yang sama dengan saya. Ini menunjukkan ada semacam 'gayung bersambut' karena selama ini mereka kesulitan mendapatkan kaos-kaos mancing keren bikinan negeri sendiri. Jadi ketika ada yang berani memproduksinya, mereka langsung menyambut gembira.

Saya berharap kehadiran SD ini bisa berlangsung lama, tidak muncul sekejap lalu menghilang layaknya jamur di musim hujan. Karena jujur saja kehadiran mereka menurut saya memiliki arti penting. Selama ini para pemancing yang ingin memiliki kaos-kaos mancing keren selalu harus membelinya di luar negeri atau membelinya melalui online store yang berserak di internet. Dan semuanya adalah kaos-kaos mancing yang membawa ‘suara’ dunia mancing Barat. Gambar-gambar seperti ikan largemouth bass, bonefish, fly fishing, ataupun ikan-ikan yang notabene ada di Barat menempel di kaos yang kita pakai. Saya jujur saja memiliki salah satunya, kaos largemouth bass oleh-oleh seorang kawan yang melancong ke USA beberapa waktu lalu. Meski ikan ini tidak ada di Indonesia, saya tetap senang memakai kaos ini karena ini adalah kaos mancing! Padahal andai saja ada kaos-kaos mancing keren bikinan anak negeri sendiri yang menyuarakan dunia mancing negeri sendiri, saya pasti akan lebih memilih kaos itu karena menurut saya lebih menarik memakai kaos mancing yang menggambarkan GT dari Ujung Kulon dibandingkan ikan largemouth bass dari USA!

Langkah yang dilakukan oleh SD seakan menjawab keinginan saya, dan mungkin juga keinginan banyak pemancing negeri ini karena desain-desain kaos mereka, meski baru merilis beberapa kaos, cukup meng-Indonesia. Untuk rilisan pertama mereka saya suka sekali dengan kaos “next target over 100 lbs”-nya. Kaosnya bagus dan gambar GT nya juga pas. Enak dilihat. Jadi kesan kaos mancing hanya akan cocok dipakai mancing langsung sirna saat melihat kaos ini karena kaos ini juga pasti bisa dipakai jalan-jalan di dalam kota. Kita pasti ingat, dulu kaos-kaos mancing Indonesia adalah kaos-kaos mancing yang ‘kaku’. Yang hanya cocok kalau dipakai mancing saja. Kaos-kaos SD tidak seperti itu karena desainnya sangat menarik dengan bahan yang saya lihat juga cukup baik sehingga misalnya kita pakai jalan-jalan ke mall pun kita tidak akan malu. Ada juga desain yang menurut saya sangat original yakni gambar peta Indonesia yang merupakan kesatuan dari ikan-ikan GT kecil. Menarik sekali! Tak sabar untuk segera melihat rilisan terbaru mereka.

Harga yang dibanderol oleh SD juga sangat ekonomis. Dengan uang Rp 75.000,- (belum termasuk ongkos kirim ke alamat kita) kita sudah bisa meminang kaos mancing keren mereka. Harga yang menurut saya sangat menarik karena kaos mereka telah terbuat dari bahan cotton yang sangat baik. Apalah arti uang segitu karena umpan kasting mungil saja sekarang telah seharga lebih dari seratus ribu rupiah. Bahkan swivel kecil pun bisa menembus angka seratus ribu. Jadi harga Rp. 75.000,- untuk sebuah kaos mancing keren menurut saya sangat murah! Oh ya, mereka juga memberi kita hadiah gratis berupa stiker Catch Photo Release (CPR) untuk setiap pembelian satu buah kaos SD. Ini menunjukkan bahwa SINGIN’ DRAG juga peduli dengan lingkungan. CPR, bagi yang belum tahu apa maksudnya, adalah sebuah seruan pelestarian lingkungan perairan (baca: ikan) yang intinya sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Catch n' Release. Hanya saja karena jaman sekarang ini keinginan untuk berkomunikasi dengan gambar semakin kuat di kalangan pemancing, maka ditambahkanlah kata "photo" dalam program Catch n' Release tersebut. Ini sangat menarik terutama bagi kalangan muda yang masih suka mengkomunikasikan aktivitas mereka ke kawan-kawan mereka.

Oleh karena hal-hal mengesankan di atas, saya ingin mengucapkan WELCOME ABOARD SINGIN’ DRAG! Semoga kalian terus eksis di dunia mancing negeri ini dengan terus mendandani kami dengan kaos-kaos mancing yang menarik sehingga kami tidak perlu lagi pergi mancing dengan kaos golf ataupun kaos sebuah partai tertentu! Hahahaha! Foto-foto kaos yang ada di dalam postingan ini semuanya diambil dari profile Singin’ Drag di Facebook. Bagi para Facebookers yang ingin meng-add mereka silahkan search Singin’ Drag. Bukan bermaksud mempromosikan mereka, meski hal itu tidak bisa saya (tetapi jujur saja mereka memang harus diketahui oleh sebanyak mungkin pemancing negeri ini), SD juga bisa dihubungi di 021-95893579, 08568843718 atau di email singindrag@gmail.com. Salam strike!

* Foto-foto by Singin Drag!

0 comments:

Popular Posts

Google+ Followers