Sunday, 28 March 2010

Niatnya hendak tidur karena besok pagi-pagi sekali pukul empat dini hari sudah harus kembali bersiap untuk menjadi seorang pekerja yang baik, tetapi ketika hendak mengucapkan selamat malam kepada Oom Google -yang semakin tua semakin hebat itu, saya malah menemukan kabar mengejutkan dari berbagai situs berita/blog/ataupun website lainnya di USA sana bahwa katanya Presiden USA Barack Obama akan menerapkan aturan (mendukung regulasi atau semacamnya) yang intinya melarang recreational fishing/sportfishing/fishing di negeri itu. What?!

Saya merasa perlu untuk menampilkannya di blog remeh-temeh milik saya ini karena dulu sekali ketika Obama masih melakukan kampanye pemilihan presiden di USA sana saya pernah ‘mendukung’-nya dengan menampilkan keterhubungan Anak Menteng ini dengan komunitas pemancing di negeri Paman Sam ini saat dirinya sedang asyik fly fishing ditemani seorang guide di suatu tempat di USA sana. Berikut ini link postingan di blog saya yang saya maksudkan; Obama Almost Hooks A Trout dan Barack Obama And Sportfisherman.

Postingan saya itu, postingan ‘mendukung’ atau lebih tepatnya postingan tanda salut pada Obama, didasarkan pada data yang saya ambil dari release yang ditulis oleh tim kampanye Obama yang bertajuk Barack Obama: Supporting The Rights and Tradition Sportsmen dan juga pada wawancara yang dilakukan oleh Anak Menteng ini dengan salah satu majalah sportfishing terbesar di USA yakni Sport Fishing Magazine yang berjudul Sen. Barack Obama on Marine Fisheries An Exclusive Sport Fishing Interview.

Saya pernah sangat salut dengan Obama, bukan hanya pada keterusterangannya bahwa dirinya menyukai sportfishing, tetapi terutama pada kebersahajaan presiden ini dan juga pada kenyataan bahwa dirinya adalah presiden pertama USA yang ber-kulit hitam. Ditambah dengan semangat menggebu dan juga karakter kuat yang berpihak pada rakyat kebanyakan, saya semakin hormat dengan presiden yang satu ini. Baru-baru ini saya dengar beliau rela menunda perjalanan kelilingnya ke luar negeri, termasuk ke Indonesia, karena ingin ikut ‘mengawal’ rancangan undang-undang kesehatan di negerinya. Luar biasa! Kini dia berusaha mewujudkan janji-janjinya pada seluruh warga USA dan dunia.

Namun karena kini dia menunjukkan gejala akan melarang recreational fishing, atau akan mendukung regulasi atau para regulator yang akan merancang hal itu, maka saya menjadi kecewa. Dan karena telah salah menilai pula, maka saya meminta maaf karena telah pernah posting tulisan pendek ‘memuja’ Obama. Niat Obama tersebut jelas langsung menuai reaksi keras dari dunia mancing USA baik itu dari para pemancing, pelaku industri mancing, komunitas, dan lain sebagainya. Kita tahu, recreational fishing di USA adalah industri yang sangat sangat besar yang menghidupi jutaan warganya. Saya yakin Anda lebih tahu tentang hal ini. Singkatnya, ratusan triliun rupiah diputar oleh dunia mancing di negeri ini dan menghidupi jutaan warganya. Berikut ini adalah artikel-artikel yang yang bisa Anda kunjungi berkaitan dengan kegundahan saya malam ini berkaitan rencana Anak Menteng tersebut; Obama Admin Jumps to Squelch Rumors of U.S. Fishing Ban, Obama Fishing Ban: ESPN Reports End Of Public Input Into Fishing, Obama To Ban Fishing? Not Yet, But… Give the Regulators Time, Obama Administration to Propose Ban on Sport Fishing, ESPN claims Obama is about to ban fishing, dan Obama may ban Fishing!

Ada yang mengatakan bahwa ini hanyalah rumor belaka, dan bahkan ada yang berkata ini hanyalah hoax (berita palsu) alias sampah di jagat maya. Tetapi apapun itu, semoga postingan saya ini tidak dipandang subversif ataupun terror karena kita tahu Obama yang dicintai dunia ini (dan juga saya cintai ini) katanya akan segera berkunjung ke Indonesia. Dan juga karena saya bukan warga negara USA, sebenarnya saya tidak punya hak untuk mengkritisi rencana kebijakan seorang presiden yang bukan presiden negara saya. Ini hanyalah bentuk empati sebagai seorang pemancing saja kepada kawan-kawan mancing di USA sana, yang sejujurnya tidak ada yang saya kenal sama sekali. Mr. Obama, bagaimana kalau kita nanti mancing popping di Ujung Kulon, Bali, atau di NTT yang merupakan sarang monster GT saat Anda berkunjung nanti? Because Indonesia is THE BEST FISHING GROUND IN THE WORLD!

* Foto #1: Diambil dari www.directorblue.blogspot.com.
* Foto #2: Local fishing guide Dan Vermillion reacts as President Barack Obama almost hooks a trout on the East Gallatin River near Belgrade, Mont., on Aug. 14, 2009.(Official White House photo by Pete Souza). Photo taken from The White House's photostream.
* Foto #3: Diambil dari www.idontagree.com.
* Foto # 4: Diambil dari www.thepatriotsflag.com.

Popular Posts

Google+ Followers