Wednesday, 28 April 2010

Hingga hari ini, lure kasting produksi Heddon ini adalah lure paling terkenal dan paling ampuh di Amerika.

Tulisan ini dahulu sudah pernah saya ‘naikkan’ di media dimana saya bekerja sebelumnya yakni MancingOnline.Com dan Majalah Mancing. Saya tergerak untuk kembali memaparkannya di blog iseng ini karena beberapa hari yang lalu, lure Heddon Super Spook kembali membuktikan dirinya sebagai lure hebat dengan berhasil menggoda ikan gabus tomman berukuran 12 lbs (sekitar 6 kg kurang sedikit) lebih di sebuah danau buatan di daerah Jakarta Utara. Dulu sekali, di tempat yang sama lure ini juga berhasil menaklukkan tomman besar dan pacu monster. Pasti ada 'sesuatu' dengan lure Heddon ini. Itulah sebabnya saya tak keberatan untuk kembali 'memujinya'.

Kita tengok dulu ke masa lampau di daratan Amerika sana. Gambaran mengenai kehebatan Heddon Super Spook mungkin bisa diambil dari turnamen tahun 2003 di Lake Hamilton, Arkansas yakni saat dilangsungkan Bassmaster’s 2003 Tour. Ini Adalah salah satu turnamen mancing ikan bass paling klasik di negeri Paman Sam. Saat itu hampir semua pemancing yang finish dan sebagian besar dari mereka akhirnya keluar sebagai juara turnamen adalah pemancing yang konsisten menggunakan lure Heddon yakni Super Spook Jr. Lure mungil ini (panjangnya 3,5 inchi) memiliki “kakak” yang bernama sama tetapi tanpa kata junior yakni Super Spook yang panjangnya 5 inchi.

Di Amerika selain ampuh untuk memancing ikan bass, umpan-umpan ini juga digilai oleh pemancing untuk memburu ikan pike, striper, trout dan redfish. Maka tak heran jika umpan kasting ini hingga sekarang menduduki peringkat teratas sebagai umpan terlaris di Amerika. Umpan yang dikategorikan sebagai stickbait atau pencil ini memang agak susah ditemukan di negeri kita. Namun beberapa waktu lalu saya sempat main ke sebuah toko di daerah kota, dan disana ada tersedia umpan-umpan ini walaupun pilihan warnanya tidak banyak. Kebanyakan pemancing Indonesia yang memiliki umpan ini biasanya mereka membelinya lewat toko online di internet atau saat mereka jalan-jalan ke luar negeri. Material umpan ini dibuat dari material pilihan yang mampu menahan sambaran sekuat apapun dari ikan target kita. Jadi pemancing tidak perlu khawatir setelah sambaran pertama aksi umpan menjadi “pincang” gara-gara bodi umpan yang hancur. Ini berlaku untuk umpan seri freshwater maupun saltwater.

Selain warna-warna umpan yang demikian original (tampak sekali mereka benar-benar menciptakan kombinasi warna khas tersendiri), aksi walk the dog umpan ini juga luar biasa menawan. Goyangan kiri-kanan-nya sangat “sexy” sehingga hampir semua ikan predator pasti tidak mampu menahan hasratnya untuk tidak menyambarnya dengan garang. Ini salah satu bukti bahwa desain dan warna-warna yang dipilih oleh Andy Mnichowski (seorang pemancing redfish profesional dan guide mancing asal Amerika ini) benar-benar ampuh. Ditambah dengan bunyi nyaring umpan yang berasal dari bola besi kecil di perutnya (yang lebih nyaring dari umpan-umpan kasting yang lain), Super Spook benar-benar siap menyelamatkan acara kasting Anda dari kegagalan. Semoga tulisan iseng ini bisa membantu Anda untuk memilih lure light tackle kasting andalan Anda. Kini, sangat banyak lure kasting berjubel sesak di pasaran, jujur saja menurut saya tak semuanya bagus. Kita harus memilih beberapa yang terbaik saja, dan Heddon Super Spook adalah salah satunya. Salam!

* All pictures by Abra Mardianto and Dede Constannian. Don’t use or reproduce (especially for commercial purposes) without our permission. Especially if you are tackle shop, please don’t only make money from our pics without respect!!!

0 comments:

Popular Posts

Google+ Followers