Thursday, April 29, 2010

Trip mancing saya ke Ujung Kulon kemarin boleh boncos (baca: gagal total) tetapi Minggu-minggu ini saya tetap merasa bungah. Tak lain karena seorang kawan dekat saya Marcus Widhi Nugroho, atau yang punya nick name MrK, yang juga adalah kawan bagi ratusan dan bahkan mungkin ribuan pemancing di negeri ini, pada hari ini baru saja menerbitkan sebuah media mancing baru yang diberi nama BERITA MANCING. Bentuknya tabloid. Bentuk yang sangat pas dengan selera pasar mancing negeri ini yang menyukai media mancing yang ringan dengan bahasa yang enak dibaca, informatif dan terbit dalam interval waktu yang pendek sehingga pemancing tak perlu menunggu lama untuk membaca lagi edisi berikutnya. Dengan terbitnya BERITA MANCING, berarti kini ada empat media cetak khusus mancing di negeri ini. Tiga lainnya adalah Tabloid Mancing Mania, Majalah Mancing, dan Tabloid Fortuna. Ini jelas semakin membuat dunia mancing kita semakin semarak karena selain media cetak tersebut juga telah ada beragam forum mancing online (FishyForum.Com, dan lain-lain), dan media mancing online lainnya, salah satunya antara lain MancingOnline.Com (milik Majalah Mancing).

Beberapa waktu sebelum Berita Mancing diterbitkan saya sempat berjumpa dengan MrK ini di sebuah kolam di Depok. Saat itu ada gelaran Mancing Mania Trans 7 Family Gathering. Sebuah acara mancing keluarga yang juga diisi dengan workshop mancing untuk para peserta. Dan usai workshop, MrK sempat membisiki saya bahwa dia akan menerbitkan media mancing baru. Jelas saya sangat gembira dengan kabar ini karena saya kira MrK tidak akan terjun lagi di media cetak khusus mancing lagi. Saya tak bisa menjelaskan hal ini dengan detail karena biarlah ini hanya kami yang tahu. Yang jelas, MrK ini adalah salah satu penulis mancing paling awal dan paling terkenal (sekaligus) konsisten di negeri ini. Dulu dia pernah mengkomandani Tabloid Mancing Mania, sempat singgah sebentar di Majalah Mancing lalu dia merapat ke FORMASI (Federasi Olahraga Mancing Seluruh Indonsia). Terakhir dia sempat hinggap sebentar di Dive&Discovery (majalah diving). Namun seluruh ikan di lautan rupanya tak rela MrK meninggalkan mereka, makanya dikirimlah mantra-mantra sakti dari laut sehingga jiwa pemancing-penulis mancing ini tidak pernah merasa tenang di media diving ini. Maka lahirlah Berita Mancing, media yang memiliki motto “BERITANYA PANCINGER SEJATI.”

Kata “pancinger” sinonim dengan angler/pemancing. Istilah baru yang sengaja dikenalkan oleh MrK dan staff redaksinya untuk meramaikan jagat mancing kita yang telah lama hanya diramaikan oleh kata “pemancing”, “mancing mania”, “strike mania” dan atau “angler”. Ini menurut saya juga sebuah cara jitu untuk masuk ke dalam ruang batin pemancing dengan memberinya sebutan baru yang segar, gampang diingat sekaligus membumi. Bandingkan jika menggunakan kata angler atau pemancing yang begitu klasik itu, tentu nuansanya akan berbeda dan Berita Mancing tentu tidak akan seheboh ini diperbincangkan di edisi perdananya ini. Dengan satu kata “pancinger” maka mereka telah sukses merebut dengan cepat hati-pikiran pemancing agar dikenal dan diingat. Sebuah cara promosi yang cerdik. Dan ini khas MrK karena pria berbadan agak tambun ini memang memiliki pembawaan yang begitu mempesona; ramah, tekun, begitu low profile, dan selalu beredar dengan riang di antara para pemancing. Kalau tidak percaya coba tanyakan kepada kawan mancing Anda di Kupang atau Menado, di Banten atau di Balikpapan. MrK pasti mereka kenal. Setidaknya, tulisan-tulisan mancingnya selama ini pernah mereka baca!

Sekarang mari kita tengok sejenak ke dalam Berita Mancing ini. Bentuknya tabloid dan dicetak di atas kertas berkualitas baik sehingga tampilan media ini meski di dalamnya mash banyak yang black and white tetapi kualitas gambarnya cukup prima. Rubrikasinya pun menarik. Ada sekilas info, berita utama, ulasan tips& teknik, laporan trip, bedah piranti, info produk, dan laporan even mancing. Satu lagi yang sangat menarik adalah adanya rubrik Mancing Mania Trans 7! Melalui rubrik terakhir ini para pemirsa setia Mancing Mania Trans 7 bisa membaca kisah-kisah mancing yang dilakukan oleh tim ini di berbagai spot mancing ‘gila’ di negeri ini sehingga semakin terpuaskan. Usai menonton acaranya di televisi, eh masih bisa membaca kisah lainnya dalam bentuk tulisan. Jadi lengkap! Saya, dimana saat ini menjadi bagian Tim Mancing Mania Trans 7, pun semakin gembira dan tersanjung karena di edisi perdana BERITA MANCING kover perdananya adalah ‘kapten’ kami Dudit Widodo. Di kover tersebut tampak ‘kapten’ DW, begitu kami sering menyebutnya, sedang memangku ikan Giant Trevally bersama pemancing cilik Sean Alexander anak Michael, pemancing asal Bandung. Dan hey, di halaman 8 ada artikel yang saya tulis! Hahahaha.... Dan di halaman 16 juga ada artikel hasil liputan MrK di acara MANCING MANIA TRANS 7 FAMILY GATHERING! Waaaaaaaaah, THANKS banget Pak Markus!

Saya berharap BERITA MANCING ini nantinya bisa menjadi sebuah media yang besar, kaya informasi, dan sekaligus membumi. Untuk kata terakhir ini, membumi, tampaknya saya tidak ragu sama sekali mengingat MrK adalah figure yang sangat mudah bergaul dan memang dia adalah orang ‘lama’ yang sangat popular di jagat mancing kita. Namun keberlangsungan sebuah media mancing, apalagi sebuah media cetak di jaman serba digital dan online begini, tidak melulu ditentukan oleh satu figure saja. Jadi harapan saya, semoga MrK dan seluruh staff redaksi tabloid ini dapat ‘berenang’ sebaik mungkin di luasnya ‘samudera’ mancing kita ini sehingga bisa tetap terbit selamanya. Optimisme tinggi saat ini sedang membuncah di seluruh jiwa staff Berita Mancing sana. Semoga semangat itu terus menyala dan mampu melayarkan BERITA MANCING ke sagala penjuru negeri ini selamanya. Amin! Selamat Pak Markus! TIGH LINES!!!

*Image kover dan kedua image artikel saya dapatkan dari MrK melalui email yang dikirimkan kepada saya dan meski tidak mendapatkan mandat boleh dipublikasi tetapi saya yakin MrK tidak keberatan sama sekali jika image ini saya sebarluaskan melalui blog iseng ini. Gpp khan Pak Markus??? :)
* Kebanyakan omong saya jadi hampir lupa. Untuk Anda yang hendak berlangganan ataupun menghubungi redaksi BERITA MANCING silahkan hubungi alamat redaksi di Perum Griya Bekasi Permai, Jl. Griya Bekasi Permai I Blok G I/No. 3, Setu-Bekasi 17350 Telp. 021-95820127 & 90596182. Email: beritamancing@yahoo.co.id.

1 comments:

Christopher said...

Selamat Untuk Berita Mancing : Beritanya Pancinger Sejati!

Lanjtkan tips-tips mancing nya terus update ya...