Saturday, 26 May 2012

Catatan kecil ini adalah re-post dari blog Hime Lure. Mungkin mudah untuk mendeskripsikan foto di samping ini. Seorang angler terkenal di negeri ini dengan ikan dogtooth tuna yang didapatkan dengan cara popping menggunakan umpan popper. Dan kami bangga, bahwa popper tersebut adalah BATANTA popper black 100 gram. Tetapi akan menjadi rumit untuk menjelaskan bagaimana spesies demersal ini bisa menyambar umpan permukaan seperti popper tersebut. Kejadian seperti ini tak mudah untuk dijumpai atau dialami oleh pemancing namun terkadang terjadi. Banyak foto-foto di berbagai media mancing online, terutama di luar negeri yang memasang gambar "langka" seperti ini. Popper yang merupakan umpaan permukaan seringnya mendapatkan sambaran spesies demersal namun yang suka bermain di laut dangkal atau dekat dengan drop off semacam GT, barakuda, dan atau tenggiri. Tetapi dogtooth tuna, yang biasanya harus kita jigging denganmetal jig di kedalaman up 50 meter, ternyata bisa juga menyambar umpan permukaan. Kami menyebutnya popping anomali.

Tak banyak yang bisa mengalami kejadian "istimewa" seperti ini. Mungkin, sekali lagi mungkin, spesies dogtooth tuna memang terkadang suka bermain-main naik ke dekat permukaan. Baik itu untuk mengejar makanan mereka (baitfish) atau sekedar entah untuk apa? Bermain-main, bisa jadi?! Atau mungkin memang ada dalam kawanan spesies dogtooth tuna yang memiliki karakter "bandel" dengan sering meninggalkan sarang di kedalaman dan naik ke atas untuk berburu makanan. Yang pasti kami mengucapkan terimakasih kepada angler Joe Michael dan brother Andry Sugianto untuk fotonya yang luar biasa istimewa ini. Best regards and TIGHT LINES!!!

  * Foto courtesy of Andry Sugianto/Papua Sportfishing Adventure. Don’t use or reproduce (especially for commercial purposes) without our permission. Especially if you are tackle shop, please don’t only make money from our pics without respect!!!

0 comments:

Popular Posts

Google+ Followers