Sunday, 5 January 2014


Pada penghujung tahun 2013 saya dan sekelompok rekan melakukan serangkaian perjalanan 'maksa' ke beberapa lokasi di Pulau Jawa. Perjalanan dengan berbagai 'rasa'. Ada semacam keinginan untuk mengenang kembali masa-masa menjadi pendaki gunung, penjelajah hutan, namun pada akhirnya kami akhirnya turun ke laut kembali. Lokasi yang kami jelajahi dimulai dari ujung timur bagian selatan di Taman Nasional Meru Betiri, lalu ke pesisir selatan Jawa Timur di Malang Selatan, dan terakhir ke Selat Sunda, Banten. Trip maksa, karena sebenarnya secara waktu dan cuaca juga tidak tepat. Musim angin, ombak besar, air keruh, dan juga hujan yang hampir pasti turun setiap harinya. Saya tidak tahu apa yang menggerakan saya begitu hebatnya di penghujung tahun 2013 kemarin itu. Semacam ada keinginan kuat untuk mengkristalkan sesuatu, namun saya belum tahu secara pasti. Hasilnya (mungkin) yang akan saya tuliskan di bawah ini.

Mulai tahun 2014 ini, nama HIME LURE tidak akan kami gunakan lagi sebagai nama 'sekoci' usaha kami di dunia mancing. Alias kami hapus dari 'peredaran' dunia mancing Indonesia dan dunia (ini jika mengingat bahwa banyak sekali customers dari Singapore, Malaysia, Netherlands, Japan, Eropa, USA, dan bahkan Amerika Latin). Nama HIME LURE akan diganti (lebih tepatnya dikembalikan lagi) ke nama awalnya yakni BATANTA, tepatnya BATANTA POPPER. Ini semacam kepulangan kembali ke rumah kelahiran popper BATANTA untuk pertama kalinya, yang mana nama BATANTA terinspirasi oleh kemegahan Pulau Batanta di Papua Barat pada tahun 2011. Oleh karena itu saya mewakili seluruh kru BATANTA POPPER dengan ini menyatakan bahwa nama HIME LURE sudah tidak ada dan tidak kami pakai lagi. Sehingga jika ada yang memakai nama HIME LURE dan termasuk logo HIME LURE untuk tujuan tertentu, tanggung jawab ada pada pihak bersangkutan dan bukan pada saya dan kru BATANTA POPPER lainnya. Demikian harap maklum. Kami berterimakasih kepada seluruh pemancing Indonesia dan dari berbagai penjuru dunia lainnya yang telah memakai popper BATANTA selama tahun 2011 hingga hari ini. Semoga dengan kembalinya BATANTA kami dapat lebih menghasilkan produk lure yang semakin baik lagi. Salam popping!

Menengok sejenak kembali ke belakang. Batanta popper dipublikasikan pada tahun 2011 di Jakarta. Nama Batanta terinspirasi oleh kemegahan perairan sekitar Pulau Batanta di Papua Barat. Batanta adalah satu dari empat pulau utama di Kepulauan Raja Ampat. Batanta Popper adalah workshop kecil yang menkhususkan pekerjaan pada produksi handmade lure yang diproyeksikan untuk aplikasi popping big fish. Berat minimal yang diproduksi adalah 80 gram hingga yang terbesar yang pernah diproduksi (custom) adalah 170 gram. Beberapa figur terkenal pernah menggunakan popper Batanta untuk pekerjaan profesional mereka adalah rekan-rekan kru Mancing Mania Trans|7 termasuk living legend dunia mancing Indonesia, (Mas) Dudit Widodo saat membuat episode popping di perairan Papua. Batanta Popper juga pernah merilis popper khusus JOE MICH untuk digunakan oleh pemancing terkenal (Bang) Joe Michael.


* Pictures taken by various person, most by me. No watermark in the pictures, but please don’t use or reproduce, (especially for commercial purposes) without my permission. Please don’t only make money from my pics without respect!!!

0 comments:

Popular Posts

Google+ Followers