Saturday, 22 August 2015

  video 


Dirgahayu Indonesiaku ke-70! Video ini merupakan final edit greeting untuk peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70. Kebetulan host 'unyu-unyu' Madhina Suryadi yang terlibat dalam trip saat itu pandai memainkan berbagai alat musik, salah satunya adalah harmonika, sehingga ini kami maksimalkan untuk membuat bait terakhir Padamu Negeri-nya Kusbini versi harmonika. Menurut saya dan kameraman Eko Priambodo ini menarik karena tidak biasa dibuat orang. Footage awal tersebut kami dokumentasikan di kawasan rawa gambut Sebangau, Kalimantan Tengah, tepatnya di Desa Paduran, Sebangau Kuala, Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Saat itu warga desa sedang sibuk membangun 'selambau', alat tangkap ikan di sungai yang dibuat hanya saat musim kemarau tiba. Selambau sendiri arti harfiahnya adalah jaring, tetapi bentuk jaring dan konstruksi selambau ini sangat unik dan tidak banyak dijumpai di daerah lain di Indonesia. Kebersamaan dan kerja sama sangat kental dalam proses membangun dan menggunakan alat tangkap ikan tradisional ini.

Di Jakarta, footage ini kemudian kami kembangkan dengan insert kegiatan host-host Jejak Petualang lainnya saat bekerja bersama masyarakat dari seluruh penjuru negeri. Ada Medina Kamil, Vika Fitriyana, Chintya Tengens, Novita Gusti, Jovita dan lain sebagainya. Greeting ini telah ditayangkan hanya di Trans|7 pada tanggal 19 Agustus 2015 dan merupakan closing dari tayangan Jejak Petualang Wild Fishing episode "Warisan Abadi Sei Paduran", sebuah tayangan penuh kearifan lokal tentang masyarakat Desa Paduran dalam menjaga potensi perairan tawar mereka di Sei Paduran Alam. Latar belakang greeting ini adalah masyarakat Indonesia yang meski dalam mengisi kemerdekaan ini tidak mudah adanya, tetap memiliki rasa kebersamaan dalam keberagaman dan juga semangat kerja yang luar biasa. Persembahan kecil dari tim Jejak Petualang untuk Indonesia tercinta yang telah menginjak usia ke-70 tahun. Semoga kita dapat mengisi kemerdekaan negeri kita dengan sesuatu yang positif dan pantas dikenang oleh generasi berikutnya. Salam wild fishing!!!

* Footage courtesy of Jejak Petualang Trans|7. Footage Madhina Suryadi captured by Eko Priambodo. Video edited by Budi Rahardjo.

0 comments:

Popular Posts

Google+ Followers