Saturday, 25 July 2015

video

Tanggal 14 Juli lalu saya menulis paragraf di artikel: Happy Birthday & Welcome Aboard Lady 'Pinky' Angler. Video ini adalah bukti kecil apa yang dimaksud oleh paragraf yang saya sertakan di bawah ini. Salam wild fishing!

---

Pulau Bangka menjadi fishing ground kedua yang kami tuju dalam rangka dokumentasi ‘new’ Jejak Petualang Trans|7 ini. Lokasi pertama adalah rawa-rawa Paya Benua di Bangka Induk. Ini adalah habitat ikan dalam keluarga snakehead (gabus dan tomman) yang sangat potensial. Namun Paya Benua ini memang sangat kompleks, dahulunya konon hanya berupa satu aliran sungai saja, tetapi dalam perkembangannya kemudian tercipta tepian rawa yang sangat luas, menjadikan sungai utama berada jauh di tengah ‘dikurung’ rawa air tawar yang lebat dengan tanaman air yang menguasai seluruh penjuru perairan. Memancing dengan teknik sportfishing di lokasi seperti, bahkan bagi pro angler sekalipun, memerlukan usaha yang ekstra keras. Baik dalam perpindahan atau mobilitas kita, kemampuan dan jarak casting dan juga menghadapi tantangan alam lainnya akibat karakter perairan yang sangat khas dan kompleks.

Terendam air sepanjang hari bukanlah perkara mudah, apalagi kita dituntut terus beraktifitas dan mendapatan sambaran dari ikan target. Belum lagi ditambah dengan panas dan hujan yang datang silih berganti, kegiatan memancing menjadi sangat menguras tenaga dan sekaligus menguji mental kita. Sebenarnya ada terdapat sampan-sampan nelayan, tetapi ukurannya sangat kecil dan idealnya hanya untuk satu orang saja. Praktis hampir semua kegiatan kami di lokasi ini dilakukan dengan berendam di air rawa yang lebat dengan tanaman air tersebut. Rupanya ini juga bukan suatu masalah bagi new lady angler kita. Saya tetap melihat semangat yang sangat tinggi dalam melakukan kegiatan memancing dan lebih jauh lagi dalam menunaikan pekerjaan. Beberapa ikan tomman yang kami dapatkan pada akhirnya hanyalah penanda yang tidak seberapa jika dibandingkan dengan kobaran semangat dan komitmennya kepada program. Saluuuuut!

0 comments:

Popular Posts

Google+ Followers